Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Istilah – istilah didalam Komponen Computer

Bagi Anda yang masih awam mengenai penjelasan tentang komponen-komponen atau bagian-bagian dalam dari komputer apa saja, mungkin tulisan berikut dapat membantu Anda dalam mengetahui penjelasan dari istilah-istilah di dalam komponen komputer.
Bios : Basic Input Sistem, software yang dipasang pada chip computer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, hardisk, memory, vga dll.

Bus : saluran yang tediri dari sekumpulan jalur yang sejenis. Sekumpulan kabel yang merupakan alat transporatasi informasi ke semua peralatan dalam system. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.

Cache Memory : memory berkecepatan tinggi yang mampu berkejasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memory utama yang lamban.
Casing : kotak tempat mesin computer.

CD ROM : alat pemutar CD-ROM. Suatu drive untuk merekam atau memainkan compact disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM ( CD Read Only Memory ), MO ( Magneto-Optical ) dan WORM ( Write Once Read Memory ).

CMOS : Complementary Metal Oxide Semiconductor, ram kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat computer sedang dimatikan.

CPU : Central Prosessing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah teknik disebut mikroprosesor,sedang dlam pengertian umum adalah mesin computer yaitu casing beserta semua isi dalamnya.

CRT : Catoda Ray Tube teknologi yang dipakai untuk membuat system tampilan/monitor computer menggunakan tabung sinar katoda.

Hardisk : Media penyimpanan data berkapasitas besar.

Motherboard : papan rangkaian computer tempat semua komponen elektronik computer terangkai.

PIC ( Programable Interupt Controller ) : kendali sela terprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar peripheral.

Power Suply : suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus pada peralatan.
Back To Top