Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Cara Mengatasi Kode dan Nama Mapel Tidak Teridentifiksi di Simpatika

Berkenaan dengan banyaknya laporan dari pengguna perihal Nama Mapel dan Kode Mapel yang tidak ditemukan saat VerVal NRG di SIMPATIKA, admin akan membantu menjelaskan.

Sudah lama sekali sepertinya admin tidak post, karena kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan dan banyak sekali agenda kegiatan dalam rangka HUT RI Ke-71. Kali ini admin akan menyempatkan lebih tepatnya share berita atau informasi dari situs resmi simpatika perihal Kode dan Nama Mapel Tidak Teridentifiksi di Simpatika.

Banyak mungkin dari kalian yang mengalami hal tersebut ketika inpu nomor peserta sertifikasi maka kode mapel dan nama mata pelajaran yang harusnya muncul secara otomatis malah tidak teridentifikasi.

Mengenai hal tersebut berikut penjelasanya :
  1. VerVal NRG menggunakan referensi Kode Mapel dan Nama Mapel sesuai standar dari Kemdikbud yang tertulis di Buku Pedoman Sertifikasi Guru terbitan tahun 2007 s/d 2015.
  2. Kode Mapel (3 digit) tercantum pada digit ke-7, 8, 9 pada Nomor Peserta (14 digit) yang tercetak pada piagam sertifikat. Setiap Nama Mapel umumnya berferensi pada Satu Kode Mapel tertentu dan berlaku pada jenjang tertentu. Klik Download Tabel Kesetaraan Kode Mata Pelajaran Sertifikasi Guru Tahun 2007-2009 untuk melihat tabel kesetaraan kode mapel sertifikasi lengkap dengan surat resmi dari dirjen pendis.  Atau Silakan cek kesuaian kode mapel dan nama mapel di situs SIMPATIKA (http://simpatika.kemenag.go.id/#!/mapel )
  3. Bilamana pada piagam sertifikat tidak mencantumkan “Nomor Peserta (14 digit)”. Silakan hubungi Admin Kantor Kemenag Kab/Kota untuk dibantu proses penerbitan “Nomor Peserta Baru” sebelum melakukan VerVal NRG.
  4. Bilamana saat proses VerVal NRG pada aplikasi SIMPATIKA tidak menampilkan pilihan nama mapel, maka artinya Kode Mapel pada Nomor Peserta (yang dimasukkan) tidak dikenali / tidak ada di referensi Kode Mapel dan Nama Mapel standar Kemdikbud.
  5. Bilamana saat proses VerVal NRG pada aplikasi SIMPATIKA menampilkan pilihan nama mapel yang berbeda dengan yang tercetak di piagam sertifikat, maka artinya terjadi ketidaksesuaian Nama Mapel yang tercetak tersebut dengan referensi Kode Mapel dan Nama Mapel Sertifikasi standar Kemdikbud. 
  6. Bagi guru yang mengalami kendala sebagaimana poin 4 dan 5 diatas, untuk sementara verval NRG belum bisa diproses di SIMPATIKA hingga dirilis fitur VerVal NRG terbaru yang dijadwalkan rilis dalam bulan Agustus 2016 ini. 
  7. Bagi guru yang tidak mengalami kendala sebagaimana poin 4 dan 5, silakan dilanjutkan proses VerVal NRG sesuai panduan dari aplikasi SIMPATIKA. Harap dipastikan semua isian sesuai dengan yang tercantum di piagam sertifikat dan pastikan pindai (scan) dari piagam sertifikasi asli bukan copy agar proses VerVal NRGnya tidak ditolak oleh Admin Kab/Kota atau Admin Kanwil.

Demikianlah sekiranya penjelasan mengenai Kode dan Nama Mapel Tidak Teridentifiksi di Simpatika yang admin kutip dari situs resmi simpatika.

Sumber : http://forumoperator.blogspot.co.id/
Tag : SIMPATIKA
Back To Top