Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Perbedaan Virus dan worm

Worm? Dalam dunia komputer, istilah worm ini akan mengacu pada suatu program komputer yang didesain untuk menggandakan dirinya sendiri pada sistem (atau jaringan) komputer, sehingga sistem akan mengalami gangguan, kerewelan, atau kemacetan.

Itulah desain awal program worm. Lalu apa perbedaan virus dengan worm? Memang agak susah mencari definisi yang pas untuk dua istilah ini. Pada perkembangannya, Virus dan Worm saling “menjarah” daerah kekuasaannya. Virus didesain mirip dengan virus biologis. Jadi, ia bisa berkembang biak dan menempelkan dirinya sendiri pada suatu file atau program.

Sedangkan worm dalam berkembang biak ia tidak menempelkan dirinya sendiri pada suatu file. Jadi, ia tidak membutuhkan file atau program lain untuk berkembang biak. Ia akan menggandakan dirinya sendiri di memory saja atau dengan membuat file-file baru dengan suatu kriteria tertentu. Misalnya ia membentuk file baru dengan meminjam nama suatu folder atau file. Atau cara terekstrim adalah menindih file yang ada dengan program utamanya, sehingga akan menyebabkan file tersebut rusak digantikan dengan program worm. Saya pikir, itulah perbedaan mendasar antara worm dan virus. Pada perkembangannya ternyata worm mengalami suatu “mutasi genetika” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file. Ini repotnya! Jenis “mutasi gen” inilah yang akan

saya bahas dalam tulisan ini. Maksudnya biar lebih komplit dan seru. Juga, biar tingkat bahayanya melonjak semakin tinggi dan orang semakin takut terhadap sesuatu yang bisa merusak PC nya. Selain menggandakan dirinya secara “wajar” sesuai dengan “undang-undang worm”, ia akan menyerang dan menempelkan dirinya di file dokumen ms-word. Dengan kata lain, worm akan membuat suatu program virus macro!

Oh ya… sekadar info: virus macro 1 bernama: megatruh. Sedangkan virus macro 2 bernama m2r (megatruh 2 Resurrection). Nah… untuk mempermudah ingatan, worm–virus ini saya beri nama: M3R. Singkatan dari Megatruh varian 3 Reincarnation. Keren ndak? Kode yang merupakan singkatan Reincarnation untuk mengingatkan bahwa virus macro megatruh telah mengalami suatu proses pengubahan bentuk yang fatal (reinkarnasi). Baik itu pendekatan infeksi ataupun bentuk programnya. Jika pada buku-buku virus macro sebelumnya hanya berkutat di file dokumen atau excel, kali ini m3r akan bereinkarnasi menjadi suatu file exe! Sehingga tingkat keamanan dan jaminan keberhasilan penyebarannya akan naik ke peringkat level 1 bearti disegani dunkx jadi takut. Worm atau virus tentu akan lebih mudah dan fleksibel menyerang jika ia dalam bentuk file exe, ketimbang harus nongkrong dalam suatu file saja.
Tag : Virus
Back To Top