Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Jaringan WLAN

Jaringan WLANA. Pengantar jaringan WLAN
Jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) merupakan salah satu bentuk jaringan wireless. Jaringan WLAN adalah yang memungkinkan dua mesin atau lebih untuk berkomunikasi menggunakan protokol jaringan standar tetapi tanpa menggunakan media transmisi kabel. Media transmisi yang digunakan untuk komunikasi pada jaringan wlan adalah gelombang elektromagnetik yang berupa sinar (Infrared, IR), gelombang mikro (Micro Wave) atatu gelombang radio (Radio Frequency, RF). Jaringan WLAN dibanding jaringan kabel mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jaringan WLAN punya kelebihan dibandingkan dengan jaringan kabel dalam hal yaitu :

klien punya mobilitas yang tinggi sedemikian , sehingga tidak mungkin memasang kabel baru setiap klien berpindah tempat, jarak antar klien terlalu jauh, jaringan dipisahkan oleh daerah yang sulit dipasang kabel jaringan misalnya dibatasi sungai atau jalur kereta api, dan jaringan berada pada bangunan yang tidak boleh diubah atau dirusak misalnya gedung yang punya nilai sejarah yang harus dilestarikan. Umunya pemasangan kabel jaringan akan merubah bangunan tempat suatu jaringan akan diterapkan baik untuk menempelkan kabel, memasang switch dan sebagainya. Sedangkan kekurangan jaringan wlan dibanding jaringan kabel adalah bahwa pada jaringan WLAN tidak dapat dijamin kualitas pelayanan terutama untuk jarak jangkau yang cukup jauh. Hal ini terutama disebabkan adanya interferensi gelombang elektromagnetik , sehingga kualitas koneksi menurun.

Jaringan menggunakan media komunikasi berupa gelombang elektromagnetik yang tidak dibatasiruang tetapi hanya dibatasi oleh daya pancar gelombang eletromagnetik tersebut tidak seperti pada jaringan yang mana hanya klien yang dihubungkan dengan kabel yang mengakses jaringan hanya dengan memasang kartu WLAN. Untuk menghindari akses jaringan wlan terhadap klien yang tidak berhak, pada jaringan wlan perlu pengamanan tertentu. Jaringan WLAN memerlukan suatu teknik pengamanan dalam berkomunikasi. Ada tiga metode keamanan yang diterapkan dalam jaringan wlan sebagai berikut :

  • WEP (Wired Equvalent Privacy)
  • SSID (Service Set Identifier)
  • FILTEr Alamat MAC (Media Access Control)
Jaringan WLAN didasarkan pada standar IEEE 802.11 yang mulai dimunculkan sektar tahun 1997. jaringan standar IEE 802.11 menggunakan gelombang elektromagnetik FHSS (Frequency Hopping Spread Spectrum) dan DSSS (Direct Sequence Spread Spectrum) dengan kemampuan transmisi data sampai 2 Mbps pada pita frekuensi 2,4 GHz. Standar berikutnya yang dikembangkan elektromagnetik OFDM (orthogonal frequency divison multiplexing) dengan kemampuan transmisi data sampai 54 Mbps pada pita frekuensi 5 GHz. Standar selanjutnya adalah standar 802.11b (sering disebut dengan jaringan WI-FI, Wireless Fidelity) yang menggunakan gelombang elektromagnetik DSS dengan kemampuan transmisi data sampai 11 Mbps pada pita frekuensi 2,4 GHz.perkembangan berikutnya adalah standar IEEE 802.11g yang mampu melakukan transmisi data sampai 54 Mbps pada pita frekuensi 2,4 GHz. Sekarang baru dikembangkan standar IEEE 802.11n yang mapu melakukan transfer data sampai 108 Mbps.

Jaringan wlan dapa bekerja dalam dua mode yaitu :
  • Mode ad-hoc
  • Mode infrastruktur (infrastructure)

Back To Top