Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Cara Membuat Password yang Aman dan tidak Mudah di Tebak

Satu hal yang perlu anda ketahui, jangan pernah percaya bahwa data yang diamankan dengan password itu benar-benar aman. Kalau anda percaya pada password, berarti anda ‘musrik’ (wah…kayak penganut aliran sesat aj), percaya itu sama tuhan (ya iyalah,masa iya dong). Maksudnya sebenarnya begini, yang namanya password itu nggak bias menjamin 100% (bahkan 300%) terhadap apa yang anda beri password itu. Password memang sesuatu yang perlu dijaga kerahasiaanya, agar tidak satu orang pun yang tahu password kita sendiri kecuali kita sendiri.

Berikut langkah cara membuat password yang aman dan password tidak mudah ditebak:

  1. Buatlah password yang tidak berhubungan dengan diri anda, istri, anak, tanggal kelahiran,warna kesukaan, makanan kesukaan, bahkan binatang kesayangan anda, karena semua hal yang berhubungan atau mendekati apa yang anda sukai pasti akan dicoba oleh orang yang hendak mengakses data anda.
  2. Untuk password, buatlah karakter panjang, misalnya saja 20 karakter(untuk program recovery password yang trial akan suash untuk melacaknya, kecuali kalau anda berhasil meng-crack program tersebut).
  3. Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf.
  4. Gunakan software generate password, maksudnya utnuk merandom password atau mengenkripsi password.
  5. Jangan gunakan password yang ada dalam kamus.
  6. Jangan menyimpan password pada secarik kertas.
  7. Hati-hati kalau anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang hacker sedang bereaksi untuk mencuri password.
  8. Perhatikan juga sambungan keyboard pada computer anda, karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.
  9. Gunakan system copy-paste untuk menginput password,hal ini bisa menghindari hacking dengan keylogging.
  10. Gunnakan layanan untuk mengecek keamanan password, yang bisa kita dapat di internet.
  11. Ubahlah password secara berkala, untuk menghindari dari penjebolan password.
Sebenarnya cara-cara di atas tidak menjamin 100% aman, karena bagaimanapun sebuah system dibuat dengan sempurna dan hebat,Tetapi kalau individu tersebut tidak menjalankan atau melalaikan hal-hal disekelilingnya,ya percuma saja. Pada intinya, ada keseimbangan antara system dan individu manusinya itu.
Tag : hacker
Back To Top