Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Istilah-Istilah keamanan computer dan kejahatan internet

Alfi maw ngasih lagi mengenai istilah keamanan computer dan kejahatan internet dan juga sebelumnya alfi pernah memposting mengenai istilah internet disana menjelaskan tentang istilah-istilah browsing yang banyak digunakan oleh user di seluruh dunia.
Berikut istilah-istilahnya yang berhubungan dengan keamanan computer dan kejahatan internet :

1. Cracker
merupakan orang yang suka membongkar sisitem proteksi sebuah software, misalnya mendeteksi serial number atau mengakali proses aktivasi yang biasanya harus dilakukan.
2. Hacker
Merupakan orang yang suka menyusup ke computer orang lain atau ke suatu website dengan memanfaatkan celah keamanan (security hole) yang terdapat pada website tersebut.
3. Enkripsi (Encrypt)
Adalah sebuah cara yang digunakan untuk menyandikan data atau informasi sehingga sulit untuk dibaca oleh user yang tidak bertanggung jawab.
4. Deskripsi (descryption)
5. Merupakan kebalikan dari enkripsi, fungsinya untuk mendeskripsikan password yang sudah dienkripsi sehingga mudah untuk dibaca.
6. Firewall
Adalah suatu cara (metode) untuk melindungi system, baik itu system computer ataupun system pada jaringan yang lebih luas. Firewall ada yang berupa software, ada juga sebuah hardware yang berfungsi untuk memonitor paket data yang masuk dan keluar dari jaringan atau computer kita.
7. Phishing
Merupakan suatu bentuk penipuan lewat internet, biasanya ditandai dengan adanya permintaan informasi penting yang dimiliki oleh anda, seperti kartu kredit, rekening bank, password, dan lain sebagainya.
8. Spam
Merupakan email-email-sampah (junk) yang berisi iklan, berisi informasi komersil, tawaran produk, software, dan hal-hal yang berbau pornografi.
9. Trojan
Merupakan software yang seperti member kita manfaat, namun dibalik itu bias merusak system operasi atau data-data yang kita miliki.
10. Worm
Merupakan salah satu varian virus yang menggandakan diri tidak lewat distribusi file, tapi menggunakan aplikasi yang menetap di memori.
Back To Top