Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Penyebaran Spyware Terhadap Website yang Akan Anda Jelajahi!

Spyware tidak hanya dapat menyembunyikan dirinya melalui instalasi software saja. Spyware juga dapat menjangkiti PC Anda melalui website yang sedang Anda buka, memang spyware tersebut tidak menampakkan diri secara terang-terangan tetapi ada kemungkinan di tiap website yang Anda buka akan disusupi spyware tersebut.

Contohnya ketika Anda memakai search engine, hasil pencarian yang Anda inginkan kemungkinan akan dimanipulasi dan diarahkan ke website yang sudah disusupi oleh spyware. Dengan melihat kata kunci yang sering digunakan oleh para user termasuk Anda untuk mencari suatu website dengan menggunakan search engine, spyware tersebut melakukan pengembangan terhadap website mereka, supaya dengan mudah mereka dapat menyusup ke dalam PC Anda dengan bantuan dari result yang dihasilkan oleh search engine tersebut. Lalu ketika Anda klik pada link tersebut, otomatis spyware akan dengan mudahnya terinstal pada PC Anda.


Dalam mengenali website yang sudah disusupi oleh spyware, sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang. Ketika kita membuka website yang kemungkinan disusupi oleh spyware, maka website tersebut akan menampilkan dialog box dengan judul “security warning”, di mana Anda diharuskan menginstal komponen-komponen tambahan untuk dapat membuka website tersebut. Ketika dialog box tersebut muncul, jangan terburu-buru untuk menginstal komponen yang dimaksud, karena kemungkinan dialog box tersebut adalah tipu daya dari spyware.

Jika “security warning” tersebut mucul dan kemudian Anda bingung apa yang harus dilakukan, sebaiknya Anda segera menutup dialog box tersebut dengan “no” atau “do not install” atau bisa juga dengan mengklik tanda silang di pojok kanan dialog box tersebut. Tetapi jika dialog box tersebut selalu muncul terus menerus atau tidak bisa ditutup, bacalah dengan saksama karena kemungkinan dialog box tersebut adalah benar-benar komponen yang diperlukan untuk dapat menampilkan website yang ingin Anda buka, komponen tersebut contohnya seperti Macromedia Flash Player.

Dari kebanyakan kasus yang kami alami, spyware lebih bebas menyusup ke PC Anda apabila Anda memakai browser Internet Explorer (IE), tidak menutup kemungkinan browser yang lain juga berpeluang sama meskipun sangat jarang terjadi. Jika Anda tetap bersikeras menggunakan IE, jangan lupa selalu meng-update dengan patch yang sudah disediakan oleh Microsoft untuk menutup lubang keamanan yang banyak terdapat pada IE. Anda juga bisa menggunakan browser lain sebagai alternatif pengganti.

Kami menganjurkan Anda memakai browser Firefox 1.06 atau yang terbaru, browser ini memiliki banyak kelebihan dan fungsi tambahan dibandingkan IE. Bukan saja lebih aman, Firefox juga lebih cepat dalam pengelolaan cache-nya. Selain itu, Firefox dapat menggunakan bermacam-macam extension tambahan.




Tag : News
Back To Top