Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Teknik pencurian data dan cara mengatasinya

Teknik pencurian data dan cara mengatasinya
  1. Teknik Session Hijacking
Dengan session hijacking, hacker menempatkan sisitem monitoring/spying terhadap pengetikan yang dilakukan pengguna pada PC yang dihgunakan oleh pengguna mengunjungi situs. Untuk mengatasi masalah ini pengguna sebaiknya menggunakan komputer yang benar-benar terjamin dan tidak digukan oleh sembarang orang, misalnya komputer dirumah, kantor,dsb.

2. Tenik Packet Sniffing
Pada teknik ini hacker melakukan monotoring atau penagkapan terhadap paket data yang ditransmisikan dari komputer client ke web server pada jaringan internet. Untuk mengatasi masalh ini perlu dilakukan enskrpsi/penyandian paket data komputer client sebelum dikirimkan melalui media internet ke web server.

3. Teknik DNS Spoofing
Pada teknik ini hacker berusah membuat pengguna mengunjungi situs yang salah sehingga memberikan informasi rahasia kepada pihak yang tidak berhak. Misalnya www.klikbca.com merupakan situs yang asli, maka hacker akan membuat situs bernama www.klik-bca.com, www.klikbca.org. dengan demikian pengguna membuka alamt yang salah,ia akan tetap menduga ia mengunjungi situs klikbca yang benar.
Untuk mengatasi masalah tersebut di atas dapat dipecxahkan dengan melengkapi digital certificates pada situs yang asli. Dengan demikian meskipun hacker dapat membuat nama yang sama namun tidak bsa melakukan pemalsuan digital certificates.pengguna atau pengunjung situs dapat mengetahui bahwa situs itu asli atau tidak dengan melihat ada tidaknya certificates pada situs tersebut menggunakan browser mereka. Disamping itu webserver eCommerce harus dilengkapi dengan firewall yang akan menyaring paket-paket data yang masuk sehingga terhindar dari serangan Denial Of Serfice
(DOS).

4. Teknik Website Defacing
Pada teknik ini hacker melakukan serangan pada situs asli misalkan www.klikbca.com kemudian mengganti isi halaman pada server tersebut dengan miliknya. Dengan demikian pengunjung akan mengunjungi alamat dan server yang benar namun halaman yang dibuat hacker.
Untuk mengatasi masalah diatas server eCommerce perlu dikonfigurasi dengan baik agar tidak memiliki security hole dan harus dilengkapi firewall yang akan menyaring paket data yang dapat masuk ke situs tersebut.




Back To Top