Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Kejahatan Computer yang Sulit di Berantas

Kejahatan computer itu dapat dikategorikan sebagai ‘White Collar Crime’ yang dalam operasinya lebih banyak menggunakan pikiran/otak. Kejahatan ini sangat sulit untuk diberantas. Ada beberapa factor yang menyebabkan mengapa kejahatan computer semakin menjamur dan sulit diberantas. 

Faktor- factor itu antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Di dalam sebuah perusahaan, data-data computer biasanya ditangani oleh EDP ( Electronics Data Processing ) auditor. EDP auditor adalah seorang yang multidisi pliner yaitu orang tersebut dapat berasal dari berbagai latar belakang displin. Jadi seorang EDP auditor tidak perlu memiliki latar belakang computer tetapi juga bisa seorang akuntan, manajer, direktur, insinyur ataupun sarjana-sarjana dari displin lainnya seperti sarjana hokum, sarjana politik dsb. Seorang EDP auditor biasanya mempunyai kemampuan 55% kemampuan computer dan 45% kemampuan non-komputer. Kemampuan yang tidak terspesialisasi ini menambah kelemahan keamanan dari computer.
  2. Masih sedikitnya pegawai-pegawai computer yang mengetahui cara kerja computer secara rinci.
  3. Para pelaku kejahatan computer adalah orang-orang y yang pada umumnya cerdas, mempunyai perasaan keingintahuan yang besar, ‘fanatik’ akan teknologi computer.
  4. Buku-buku tentang kejahtan computer tidaklah banyak. Meskipun terdapat beberapa buku-buku tentang kejahatan computer, ssangat sedikit sekali yang membahas metode-metode yang digunakan oleh penjahat computer sehingga menyulitkan penyidikan. Selain itu, kejahtan computer tidak dapat dipelajrai hanya dari kasus perkasus karena kejahatan computer itu juga berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.
  5. Kejahatan computer itu terselubung dan terorganisasi rapi.
  6. Jarang sekali ada seminar-seminar/ mata kuliah tentang pencegahan terhadapt kejahatan computer.

Back To Top