Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Perangkat Perusak (Malware) yang Kerjanya Mencuri Data

Perangkat perusak (Malware) yang mencuri data adalah ancaman jejaring yang melepaskan informasi pribadi dan informasi milik perorangan (proprietary information) untuk mendapatkan uang dari data yang tercuri, yaitu melalui penggunaan langsung atau penyebaran gelap. Ancaman keamanan isi kandungan yang terlingkup dalam istilah payung (umbrella term) ini mencakup perekam ketikan, pencakar layar (screen scraper), perangkat pengintai, perangkat iklan, pintu belakang dan botnet. Istilah ini tidak merujuk kepada kegiatan-kegiatan seperti pengiriman pesan sampah, pengelabuan (phishing), peracunan DNS, penyalahgunaan SEO, dll. Namun, saat ancaman-ancaman ini terdapat dari pengunduhan berkas atau pemasangan langsung – seperti banyak serangan lainnya yang bersasaran ganda – berkas yang bertindak sebagai perantara bagi informasi wakil (proxy information), digolongkan sebagai perangkat perusak (Malware) yang mencuri data.

Ciri-ciri perangkat perusak (Malware) yang mencuri data

Tidak meninggalkan jejak apa pun

* Perangkat perusak (Malware) seperti ini biasanya disimpan di tembolok (cache) yang dibersihkan secara berkala.
* Dapat dipasang melalui ‘pengunduhan tanpa pengetahuan pengguna’ (drive-by download).
* Perangkat perusak (Malware) seperti ini dan situs web yang menginduk (host) perangkat perusak (Malware) tersebut biasanya hidup sementara atau berupa tipuan.

Seringkali berubah dan bertambah fungsinya

* Hal ini mempersulit perangkat lunak pencegah virus untuk melacak sifat muatan (payload) terakhir karena rangkaian unsur-unsur perangkat perusak (Malware) berubah terus menerus.
* Perangkat perusak (Malware) seperti ini menggunakan aras penyandian aman berkas ganda (multiple file encryption levels).

Menghalangi Sistem Pelacak Penerobosan (Intrusion Detection Systems [IDS]) sesudah pemasangan yang berhasil

* Tidak ada keanehan dengan jaringan yang dapat dilihat.
* Perangkat perusak (Malware) seperti ini bersembunyi di dalam lalu lintas web.
* Lebih siluman dalam pemakaian lalu lintas dan sumber daya.

Menghalangi penyandian aman cakram (disk encryption)

* Data dicuri sewaktu pengawasandian aman (decryption) dan penayangan.
* Perangkat perusak (Malware) seperti ini dapat merekam ketikan, kata sandi dan cuplikan layar (screenshot).

Menghalangi Pencegahan Hilangnya Data (Data Loss Prevention [DLP])

* Hal ini menyebabkan pelindung data untuk tidak berjalan dengan lancar dan mengakibatkan ketidaksempurnaan dalam penengaraan metadata, tidak semuanya ditengarai.
* Pengacau dapat menggunakan penyandian aman untuk memangkal (port) data.

Contoh-contoh perangkat perusak (Malware) yang mencuri data

* Bancos: pencuri informasi yang menunggu pengguna untuk membuka situs perbankan lalu mengalihkan halaman situs bank yang asli ke yang palsu untuk mencuri informasi yang peka.
* Gator: perangkat pengintai yang memantau kebiasaan penjelajahan web dengan rahasia, dan mengunggah (upload) data ke peladen untuk penyelidikan. Kemudian, menyajikan iklan sembul sendiri yang disasarkan (targeted pop-up ads).
* LegMir: perangkat pengintai yang mencuri informasi pribadi seperti nama akun dan kata sandi yang terkait dengan permainan daring.
* Qhost: kuda Troya yang mengubah berkas induk (hosts file) supaya data dapat dialihkan ke peladen DNS yang berbeda sewaktu situs perbankan dibuka. Kemudian, halaman daftar-masuk yang palsu terbuka untuk mencuri informasi daftar-masuk dari lembaga keuangan.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_perusak

Tag : Virus
Back To Top