Collection of Information News, Hot News, Computer, News Technology, Gadgets, computers and Health

Perusahaan-Perusahaan Besar Pemakai Linux

Anda boleh percaya atau tidak bahwa menurut survey gartner di berbagai negara Asia Pasifik, Eropa dan Amerika 85% Perusahaan besar memakai Linux. Informasi ini mungkin saja tidak berlaku untuk Indonesia yang boleh dibilang hampir sebagian besar masih menggunakan software bajakan. Namun untuk membuktikan kebenaran dari survey Gartner ini ada baiknya Anda mencari langsung infonya dari Internet. Salah satu situs yang bisa dijadikan acuan untuk memeriksa pemakaian sistem operasi dari suatu perusahaan adalah situs http://searchdns.netcraft.com/ .Dari hasil penelusuran itu, ternyata hampir semua situs perusahaan besar menggunakan sistem operasi dan perangkat lunak berbasis Open Source. Bukan hanya di luar negeri, tetapi di Indonesia ternyata juga sudah cukup banyak yang menggunakan Open Source. Bahkan yang mengejutkan lagi, ternyata Apple dan Microsoft juga menggunakan Open Source – tepatnya Linux – sebagai pilihan untuk menjalankan bisnisnya di dunia Internet.
Berikut beberapa perusahaan yang menggunakan Linux :
Google
Sebagai pesaing utama Microsoft, khususnya di dunia search engine, sangatlah wajar jika Google tidak menggunakan Windows dan lebih memilih menggunakan Linux sebagai sistem operasi untuk menjalankan bisnisnya.

Amazon
Amazon sebagai perusahaan retail terbesar di Internet mempercayakan bisnisnya dengan menggunakan Linux.

YouTube
YouTube yang telah beralih tangan ke Google mengikuti jejak induknya dengan menggunakan Linux sebagai sistem operasinya.

Friendster
Situs pertemanan Friendster yang banyak digunakan di Indonesia menggunakan web server berbasis Open Source Apache yang berjalan di atas server Unix. Sebagai informasi Unix adalah induk dari sistem operasi Linux. Jadi kemungkinan besar Friendster menggunakan Linux juga sebagai sistem operasinya.

Yahoo
Yahoo situs pencari yang menjadi pesaing Google, dan cukup dekat dengan Microsoft, ternyata juga mempercayakan pada sistem operasi Open Source : Linux dan FreeBSD.

American Online
Internet Provider terbesar di Amerika – AOL.com (American Online) - menggunakan Linux untuk sebagian besar sistemnya.
Apple
Apple pembuat sistem operasi Macintosh ternyata mempergunakan Linux, dan bukannya Macintosh ataupun Windows sebagai servernya.

Facebook
Facebook menggunakan sistem operasi f5 big-ip dengan server Red Hat Linux.


Microsoft
Pernahkah Anda membayangkan Microsoft menggunakan Linux …? Ternyata untuk server Search, Download, dan Vista Gallery … Microsoft menggunakan Linux RedHat. Aneh … tapi nyata !!!

Bing
Situs pencari terbaru dari Microsoft – Bing – ternyata juga menggunakan Linux … lihat info situs paling atas (www.bing.com).

Hotmail
Hotmail situs layanan E-mail dari Microsoft sebagian besar menggunakan Windows Server 2003, tapi beberapa diantaranya masih menggunakan Linux.

MSN
Satu lagi mesin pencari Microsoft yang benar-benar full Linux. MSN sekarang digantikan oleh Bing yang juga tetap menggunakan Linux.


Telkom
Telkom menggunakan Open Source … ? Tidak perlu heran, karena ternyata Telkom telah memigrasikan lebih dari 10.000 komputernya ke Open Source Linux.

TelkomSpeedy
Sebagai bagian dari Telkom, wajar kalau ternyata TelkomSpeedy juga menggunakan Linux. Bahkan TelkomSpeedy mempunyai kolom khusus untuk Open Source di situsnya.

Indonesia.go.id
Situs resmi pemerintah Indonesia ternyata juga mempercayakan pada Linux. Tidak perlu heran, karena kalau dilihat lebih jauh ternyata Netblock Owner situs ini adalah Telkom yang juga sudah menggunakan Linux.


Riset Gartner sepertinya bukan sekedar omong kosong … 85% perusahaan besar memilih untuk menggunakan Open Source dibandingkan Windows.
Perusahaan-perusahaan besar diatas :
• Google
• Apple
• Amazon
• American Online
• Friendster
• Facebook
• YouTube
• Yahoo
• Microsoft (Bing.com, MSN, Live.com, Microsoft.com, Hotmail.com)
• Telkom, TelkomSpeedy
• Indonesia.go.id
Anda masih bisa menemukan banyak perusahaan besar yang mempercayakan bisnisnya pada perangkat lunak Open Source, khususnya Linux. Dengan Membuka situs http://searchdns.netcraft.com/ dan di situs itu bisa dijadikan acuan untuk memeriksa pemakaian sistem operasi dari suatu perusahaan.

Back To Top